cara mudah beternak burung puyuh

Bagian Cara Ternak Puyuh

1. Kriteria Tempat Ternak

Baiknya tempat ternak puyuh cukup jauh dari tempat pemukiman serta upayakan tempatnya cukup tenang supaya puyuh tak gampang stress
Tempat ternak baiknya strategis yang dapat mempermudah Anda dalam sistem transportasi serta penjualan
Yakinkan tempat ternak terlepas dari wabah penyakit
Cermati juga apakah lokasi tempat peternakan riskan banjir atau tak, jika iya baiknya memakai kandang panggung yang mempunyai tiang pondasi yang tinggi serta kokoh
Upayakan lokasi peternakan memperoleh aliran hawa yang baik

cara mudah beternak burung puyuh

2. Persiapan Kandang Puyuh

Dalam pembuatan kandang puyuh baiknya memerhatikan banyak hal, salah satunya :

kandang puyuh yang ideal mempunyai temperatur suhu sekitar 20-25°C dengan tingkat kelembapan sekitar 30-80%
Pada siang hari, Anda cukup memberi penerangan dengan menggunakan lampu 25-40 watt
Saat malam hari baiknya penerangan menggunakan lampu 40-60 watt
Baiknya tempat kandang puyuh ditata sedemikian rupa sampai sinar matahari dapat masuk ke kandang puyuh
Biasanya jenis dari kandang puyuh terdiri jadi 2 jenis yakni system sangkar (batere) serta system litter (lantai sekam).
Kandang memiliki ukuran 1 m² dapat menyimpan anak puyuh 90 – 100 ekor, bila umur puyuh telah meraih 10 hari baiknya jumlah anak puyuh dikurangi sampai jadi 60 ekor hingga selesai saat anakan.
Kandang memiliki ukuran 1 m² untuk menyimpan 40 ekor puyuh hingga masuk saat bertelur
Sedang dalam ternak puyuh, kandang dibedakan jadi sebagian type, salah satunya ;

Kandang juga sebagai Induk Pembibitan
Type kandang ini sangatlah memengaruhi hasil produktifitas serta kwalitas dari telur puyuh. Seseuaikan ukuran kandang yang Anda bikin dengan jumlah indukan puyuh yang dipelihara. Kandang puyuh yang ideal untuk dipakai pembibitan yakni 1 ekor puyuh dewasa dengan luasan kandang 200 m²

Kandang Untuk Indukan Petelur
Kandang ini mempunyai ukuran yang sama juga dengan type kandang untuk induk pembibitan, tetapi pada type kandang ini Anda dapat sedikit menaikkan kepadatan puyuh dalam satu kandang.

Kandang Untuk Anak Puyuh
Kandang ini dipakai untuk pelihara anak puyuh berusia 1 hari – 2 atau 3 minggu. Type kandang ini disarankan menggunakan pemanas ruang untuk melindungi kehangatan anak puyuh. Ukuran kandang untuk anak puyuh idealnya PxLxT 100x100x40 cm dengan ketinggian kaki kandang 50 cm, ukuran kandang itu bisa menyimpan seputar 90 – 100 anak puyuh.

Kandang Untuk Puyuh 3 – 6 minggu
Ukuran, bentuk serta kemampuan puyuh dalam kandang sama juga dengan type kandang untuk indukan petelur. Pada umunya type kandang ini mempunyai alas berbentuk kawat ram.

Terkecuali menyiapkan kandang untuk ternak puyuh, Anda juga mesti menyiapkan peralatan pendukung ternak seperti tempat makan serta minum puyuh, tempat bertelur sampai tempat obat-obatan jika setiap saat diperlukan.


ilustrasi – lukisan puyuh
3. Persiapan Bibit Puyuh

Dalam ternak puyuh, ada tiga type bibit berdasar pada maksud pemeliharaannya, diantaranya seperti berikut ;

Bibit puyuh untuk telur mengkonsumsi,
Bila Anda mau ternak puyuh untuk kepentingan produksi telur mengkonsumsi, jadi yang butuh Anda buat persiapan yakni pilih type ketam betina yg tidak mempunyai kisah penyakit sebelumnya

Bibit puyuh untuk produksi daging
Jika ternak mempunyai tujuan untuk produksi daging, baiknya diambil bibit puyuh jantan serta type puyuh petelur afkiran

Bibit puyuh untuk penghasil telur tetas
Pastikan type bibit puyuh betina yang mempunyai produktifitas telur yang baik serta untuk puyuh pejantan diambil yang sehat serta sudsh siap untuk dikawinkan

4. Perawatan Puyuh

Jagalah Kebersihan Kandang
Senantiasa jagalah kebersihan kandang puyuh untuk menghindar munculnya penyakit serta baiknya kerjakan vaksinasi pada periode saat tertentu

Pengontrolan Penyakit
Kerjakan dengan cara teratur pengontrolan penyakit dengan cara berkala apabila ada salah satu puyuh yeng terindikasi kurang sehat selekasnya dipisahkan dari puyuh-puyuh yang lain untuk menghindar penyakit menular. Selekasnya kerjakan penyembuhan pada puyuh yang skit sesuai sama saran dinas peternakan atau penyuluh setempat.

Pakan Puyuh
Terdapat banyak bentuk pakan dalam ternak puyuh salah satunya, bentuk palet, bentuk remah-remah dan bentuk tepung. Untuk pakan anak puyuh baiknya diberikan 2 kali yakni pagi serta sore hari. Lain perihal dengan puyuh remaja serta dewasa, Anda baiknya memberi pakan satu kali satu hari pada saat pagi hari. Pemberian minum anak puyuh dapat dikerjakan selama seharian.

Pemberian Vaksinasi & Obat
Pada umur 4 – 7 hari burung puyuh divaksinasi dengan jumlah dosis 1/2 dari jumlah dosis untuk ayam. Vaksin bisa diberikan lewat tetes mata (intra okuler) atau dapat memakai air minum (peroral).

Sekianlah artikel sipendik perihal Cara Ternak Puyuh Yang Untungkan, semoga dapat memberikan inspirasi Anda dalam mengawali usaha ternak puyuh. Janganlah lupa kunjungi artikel-artikel kesempatan usaha kami yang lain di menu atas. Terima kasih atas perhatiannya serta salam berhasil.