panduan Cara beternak burung kenari bagi pemula

Cara Ternak Kenari - Burung kenari saat ini sudah jadi salah satu burung favorite yang pasti popular di market lokal bahkan juga didunia. Terlebih harga burung kenari dapat disebut stabil/berkelanjutan dari mulai yang paling murah sampai yang paling mahal, dapat dicek harga burung kenari bln. ini. Karena tersebut kenapa burung kenari jadi burung pilihan, serta berdasar pada survey kami, sekarang ini makin banyak pemula yang tertarik dengan usaha ini lalu membudidayakan burung kenari dengan asumsi bahwa burung kenari adalah type burung yang prospek nantinya cukup menjanjikan.


Kenapa mesti burung kenari? Argumen beberapa orang pilih burung kenari juga sebagai burung ternaknya yaitu burung kenari selalu popular serta berkelanjutan selama hidup, burng kenari termasuk juga salah satu burung yang disukai beberapa orang, burung kenari mempunyai bentuk badan yang mungil, burung kenari mempunyai nada yang bagus, lembut, nyaring, serta tak kasar hingga dapat menyejukkan hati untuk pemiliknya, serta burung kenari memiliki ciri-ciri burung lomba serta dapat dipandang pada even-even lomba telah sangat banyak yang memasukkan burung kenari juga sebagai burung kontes yang pas.

Adapun beberapa tanda pada burung kenari yang pantas diunggulkan yaitu sebagaia tersebut :
1. Burung kenari termasuk juga type burung yang sangatlah gampang menyesuaikan, burung ini dapat beradaptasi pada perubahan atau keadaan lingkungan.
2. Burung kenari yaitu burung jenis penyanyi serta petarung. Burung ini jika dengarkan burung kenari type lain tengah berkicau, jadi burung ini juga bakal mengikutinya, oleh karenanya burung kenari dimaksud burung yang sangatlah gampang gacor.
3. Burung kenari sangatlah gampang naik birahinya. Burung ini birahinya naik dapat karena sebab sebagian aspek diantaranya, yakni : pakan burung kenari kurang variasi, kadang-kadang dikerjakan penjemuran yang terlalu berlebih dapat juga menyebabkan naiknya birahi pada burung ini, serta naiknya birahi yang lain yaitu jika bersua dengan burung kenari betina.
Sesudah tahu sebagian info tentang burung kenari diatas, jadi setelah itu bakal kami bagikan panduan serta cara ternak kenari untuk beberapa pemula. Poin-poin utamanya yaitu membedakan kelamin pada burung kenari, tahu umur burung, memerhatikan kandang atau sangkar, serta kerjakan penjodohan. Adapun tips komplit tentang cara beternak burung kenari yaitu seperti berikut :

1. Membedakan kelamin pada burung kenari
Saat sebelum mengawali beternak kenari, pertama yang perlu di perhatikan untuk pemula yaitu mesti tahu dulu mana kelamin jantan serta betina. Untuk membedakannya cukup gampang, yakni pada umur 1 bln. umumnya burung kenari jantan telah dipisah dari induknya serta seriung berbunyi, sedang kenari betina maish belum berbunyi. Dapat pula dipandang pada bentuk badannya, kenari jantan umumnya bentuk badannya agak panjang serta ramping, sedang pada kenari betina memiliki bentuk condong lebih bulat. Banyak juga orang yang lihat pada bentuk telur, umumnya pada telur yang dikira kenari jantan memiliki bentuk oval serta agak lonjong, sedang telur yang dikira kenari betina memiliki bentuk bulat.

2. Tahu umur burung kenari
Juga penting tahu umur burung setiap waktu, lantaran dnegan tahu umur burung jadi anda bisa tahu kapan waktunya di beri pakan yang lembut, kasar, dan lain-lain. Diluar itu anda bakal tahu kapan waktunya burung ini waktunya dikawinkan maupun telah waktunya untuk di jual. Umumnya burung kenari yang siap untuk dikawinkan yaitu pada umur 8 bln. untuk burung kenari jantan, serta umur 6 bln. untuk kenari betina. Umur burung termasuk juga salah satu aspek utama dalam pembudidayaan burung kenari yang tentu pantas buat anda kenali.

3. Memerhatikan keadaan kandang atau sangkarnya
Dalam usaha budidaya kenari jga butuh memerhatikan keadaan pada sangkarnya, dari mulai ukuran snagkarnya, menempatkan sangkar di daerah yang pas, serta memerhatikan kebersihannya. Pastikan sangkar yang ukurannya standard yang di jual di market, jangan sempat terlampau kecil yang dapat menyebabkan stress pada burung kenari. Tempatkan sangkar pada tempat yang pas, umpamanya : ada di samping tembok supaya sangar tak gampang goyah. Jauhkan dari tempat keramaian lantaran bisa menganggu kenari dewasa waktu sistem mengerami telurnya. Serta hindari juga dari tempat yang termasuk tak aman, yakni ada banyak semut, serangga, yang dapat masuk ke sangkar yang bisa membahayakan kenari anda. Juga penting melindungi kebersihan sangkarnya, kerjakan pembersihan dengan teratur, yakni apabila di rasa sangkar telah tampak ada kotoran, jadi segera bersihkan.

4. Kerjakan penjodohan
Dalam sistem budidaya burung kenari, salah satu yang juga penting yaitu sistem penjodohannya. Prosespenjodohan mesti dikerjakan dengan cara pas, umpamanya lewat cara menempatkan kenari indukan jantan serta betina pada sangkar spesial penjodohan, yakni pada kenari jantan serta betina di beri sekat sampai sekian hari dengan tuijuan supaya keduanya sama-sama mengetahui serta lalu bakal punya kebiasaan apabila telah waktunya untuk berkumpul atau berbarengan. Terkecuali di beri sekat, ada pula yang segera dipersatukan dalam satu snagkar. Tetapi hal semacam ini butuh menperhatikan pada indukan, jika indukan betina betul-betul telah siap untuk dikawinkan.

6. Sistem Mengerami
Pada sistem ini burung kenari mesti telah ada pada sangkar yang pas, yakni telah ada tempat untuk megerami telurnya. Umumnya di pasar telah banyak yang jual sangkar komplit beserta tempat untuk mengerami telur. Pada sistem mengerami ini termasuk juga salah satu poin kesuksesan dalam pembudidayaan burung kenari. Yang pelru anda kenali bahwa pada sistem ini umumnya memerlukan saat 12 hari sampai 14 hari lamanya, tergantu juga dnegan keadaan cuaca serta suhu hawa. Umumnya beberapa peternak memberikan lampu 5 watt juga sebagai salah satu alat yang bertindak dalam menghangatkan keadaan dalam sangkar. Jika telah kian lebih 12 hari lalu telur bakal menetas satu per satu, serta biasanya seluruhnya telur menetas berselang 1 hari. Pada saat ini kerjakan pembelahan pada kenari jantan, serta itu bergantung pada ciri-ciri kenari jantan. Janganlah lupa buat persiapan extra fooding supaya anakan kenari tumbuh dengan baik.

Sekianlah sedikit info perihal cara ternak kenari yang pantas di ketahui oleh peternak kenari pemula. Semoga apa yang kami bagikan diatas dapat memberi sedikit wawasan untuk kita seluruhnya, serta kami minta maaf jika ada salah kata ataupun penulisan, terima kasih.