Cara Beternak Burung Gelatik Dengan Mudah

Beternak burung gelatik - Burung gelatik termasuk burung yang langka populasinya akibat perburuan yang tidak terkendali, menjadikan burung ini menjadi prospek bisnis yang cukup menguntungkan bila dibudidayakan. Cara beternak burung gelatik pun tidaklah sulit dibanding burung-burung lainnya, hanya dibutuhkan keseriusan dan keuletan si peternaknya.

Cara budidaya burung gelatik

Dalam budidaya burung gelatik, langkah-langkah yang dilakukan tidak jauh beda dengan budidaya burung lainnya. Dan dibawah ini langkah-langkah budidaya burung gelatik yang bisa anda lakukan

Mempersiapkan Kandang Budidaya

Ukuran kandang dalam beternak burug gelatik sebaiknya berukuran 30 x 40 cm yang dibuat dari kerangka besi atupun dari kerangka kayu yang ditutup dengan kawat ram berukuran sekitar 1 cm, ini bertujuan agar sinar matahari dapat leluasa masuk dan burung gelatik dapat berjemur setelah dimandikan, dengan atap terbuat dari genting ataupun asbes.

Cara Beternak Burung Gelatik Dengan Mudah

Mempersiapkan Indukan

Setelah kandang disiapkan, barulah kita memilih indukan yang tepat untuk budidaya gelatik ini. Agar perjodohan gelatik berhasil, perlu disiapkan indukan yang baik pula, pilihlah indukan yang mempunyai bulu yang rapi, tidak cacat dan biasanya indukan mudah didapatkan dari penangkar yang telah lebih dulu sukses menangkar burung gelatik. 
Cara membedakan kelamin burung gelatik jantan dan betina cukup mudah. Burung jantan mempunyai  pangkal paruh yang lebih tebal daripad burung betina, dan burung gelatik jantan sering berkicaunya daripada yang betina.

Ciri-Ciri Indukan Yang Baik

Usaha untuk mendapatkan indukan gelatik dapat kita perhatikan dari hal-hal yang ada pada burung berikut ini:

1. Perangai Burung yang lincah

Ciri indukan yang bagus, pertama adalah aktivitas burung tersebut yang agresif dan lincah bila menanggapi aktivitas di luar kandangnya. Burung yang pendiam biasanya burung itu sakit atau stress sehingga dapat mengakibatkan kegagalan dalam perjodohan. 

2. Mepunyai bulu yang rapi / tidak mengkorok

Indukan yang mempunyai bulu yang rapi menunjukan kesehatan dan kebersihan burung tersebut, karena kebiasaan burung gelatik khususnya burung gelatik silver adalah suka merapikan bulu-bulunya sendiri setelah dimandikan, jadi apabila bulu burung gelatik kelihatan tidak rapi, itu menunjukan bahwa burun tersebut sedang sakit atau stres.

3. Dubur kelihatan bersih

Perhatikan betul-betul bagian dubur burung gelatik, bila bersih maka burung tersebut sehat dan pantas dijadikan sebagai indukan. Bila bagian dubur terlihat bermasalah, maka dapat dipastikan burung tersebut sakit dan dapat menularkannya pada anaknya kelak

4. Teliti bagian Paruh

Paruh burung gelatik yang bagus adalah berbentuk simetris dan tidak cacat, artinya paruh bagian atas dan bawah terkatup sempurna.

5. Periksa Lingkar mata

Kesehatan burung gelatik bisa juga dilihat dari lingkar matanya, lingkar mata burung gelatik yang sehat berwarna merah terang dan tidak pucat, membulat dengan ketebalan rata dan mempunyai lingkar mata yang halus dan bersih..

Untuk proses perjodohan dan perawatan disamakan perlakuannya seperti cara beternak burung beo. Demikian sedikit informasi mengenai cara budidaya burung gelatik, semoga bermanfaat. Terima kasih.